Jawaban Atas Pertanyaan Masyarakat

Pertanyaan disampaikan pada tanggal 23/07/2021 pukul 11:07 WIB:

Halo Kemenperin

Saya membeli satu buah smartphone dari luar negeri, yang dikirimkan menggunakan jasa pengiriman DHL. Paket kiriman tersebut telah Saya terima 1 minggu lalu. Namun setelah Saya mencoba aktivasi, perangkat tersebut belum bisa mendeteksi kartu selular telkomsel Saya. Saya cek IMEI, belum terdaftar. Sebagai konsumen dan warga negara, Saya telah membayarkan pajak yang tertagih pada saat penerimaan paket.
Saya telah menghubungi pihak DHL, dan mendapatakan penjelasan bahwa IMEI telah didaftarkan di beacukai. Berapa lama Saya harus menunggu IMEI perangkat Saya terdaftar?
IMEI: 358035088065770

Terimakasih


Dijawab pada tanggal 23/07/2021 pukul 12:20 WIB:

Yth. Sdr. Ajis Mulia

Menindaklajuti pertanyaan Saudara, IMEI yang terdapat dalam database imei.kemenperin.go.id berasal dari pelaku usaha (produsen dan importir). Sedangkan IMEI yang didaftarkan di kawasan pabean dimasukkan ke dalam database yang terpisah. Jika ada perangkat dari Luar Negeri dan sudah mendaftar di Bea Cukai, namun tidak mendapat jaringan, maka pengguna harus menghubungi Bea Cukai untuk dicek di sistem mereka hingga ke CEIR, karena Bea Cukai bertanggungjawab kepada pengguna hingga mendapat jaringan seluler. Sistem yang ada di Bea Cukai sudah integrated dengan sistem basisdata pemerintah, sehingga seharusnya tidak ada isu di perangkat pengguna. Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi pihak Bea dan Cukai pada Nomor 1500225. Terima kasih

Sumber: Pusat Komunikasi Publik

Twitter