PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (LITBANG)

Kunjungan dan Peresmian DigiHub B4T oleh Menteri Perindustrian


Jumat, 8 Oktober 2021

 




Optimalisasi manajemen daya saing industri mampu mendukung perkembangan sektor manufaktur. Dengan dukungan manajemen daya saing, industri akan mampu meningkatkan kualitas produk serta memperluas pasar. Untuk itu, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) juga mendorong peningkatan daya saing sektor industri melalui aspek standardisasi dan jasa industri.

“Kemenperin melalui Badan Standardisasi dan Kebijakan dan Jasa Industri (BSKJI) melakukan pembinaan industri melalui kebijakan jasa industri. Peran ini diharapkan dapat meningkatkan kontribusi dan partisipasi sektor jasa industri terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional,” ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan peninjauan ke Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) serta Balai Besar Logam dan Mesin (BBLM) Kemenperin di Bandung, Jumat (8/10).

Kunjungan Menperin ke dua fasilitas riset yang dimiliki Kemenperin, yaitu B4T dan BBLM di Bandung bertujuan meninjau fasilitas pelayanan yang diberikan oleh dua satuan kerja tersebut kepada industri. B4T bertugas memberikan pelayanan sertifikasi sistem mutu, sertifikasi produk barang teknik serta sertifikasi produk berkaitan dengan keselamatan dan lingkungan di bidang industri bahan dan barang teknik.

Selanjutnya, memberikan bantuan teknik untuk peningkatan dan pengawasan mutu bahan organik dan anorganik, bahan bangunan, produk logam, barang teknik, barang listrik dan elektronik rumah tangga, motor bakar, kendaraan bermotor, komponen otomotif dan instrumentasi industri. “Selain itu, B4T juga memiliki layanan assesment dan pendampingan INDI 4.0 yang meliputi meliputi peningkatan awareness dan bimbingan teknis, asesmen mandiri, asesmen dengan verifikasi, hearing, FGD, dan rekomendasi, serta sertifikasi INDI 4.0,” jelas Kepala BSJKI Kemenperin Doddy Rahadi yang mendampingi Menperin.

Dalam Kunjungan ini Menteri Perindustrian, Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita turut meresmikan ruangan DigiHub B4T secara digital, ruangan DigiHub sendiri diproyeksikan sebagai pusat pelayanan digital B4T, diantaranya dalam pelayanan witness secara virtual, serta layanan virtual tour agar pelanggan mengetahui layanan yang tersedia di B4T secara digital. Acara ini turut dihadiri oleh segenap jajaran Kementerian Perindustrian, Sekretaris Jenderal, Bapak Dody Widodo, Kepala Badan Standarisasi dan Kebijakan Jasa, Bapak Doddy Rahadi, Direktur Jenderal ILMATE, Bapak Taufik Bawazier, Kepala BPSDMI, Bapak Arus Gunawan.

B4T sendiri telah menerapkan digitalisasi dalam pelayanannya melalui program Dilan (Digitalisasi Layanan), beberapa inovasi tersebut diantaranya layanan jasa yang dapat dilakukan secara full online melalui aplikasi Sigap B4T, serta dalam sistem rating yang memudahkan pelanggan dalam menyampaikan kepuasan pelanggan secara daring, digitalisasi layanan sendiri merupakan serangkaian layanan digital yang diterapakn oleh B4T, diantaranya sistem tandatangan secara digital untuk hasil uji dan kalibrasi sehingga memangkas waktu dan proses, lalu layanan virtual tour untuk kunjungan ke B4T secara online, yang dikembangkan menjadi layanan virtual witness sehingga pelanggan dapat melaksanakan witness secara langsung dari tempat kerjanya, serta penggunaan barcode yang dapat mendeteksi order (tracking order) sehingga pelanggan mengetahui proses secara real time. Selain itu layanan unggulan lainnya seperti layanan INDI 4.0 pun menjadi sorotan karena mendukung peta jalan Kementerian Perindustrian dalam Making Indonesia 4.0.

Dalam kunjungan ini turut di launching pula layanan virtual witness yang merupakan inovasi layanan terbaru untuk witness pelanggan secara virtual dan langsung. Selain itu, rombongan turut mengunjungi BBLM untuk meninjau showcase unit pelayanan public, workshop BBLM, serta serah terima jabatan Kepala BBLM.




Share:

Twitter