PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (LITBANG)

Serah Terima Mesin Uji Material Rockwool


Selasa, 5 Oktober 2021


Salah satu upaya untuk peningkatan kualitas produk dalam negeri diantaranya adalah dengan cara peningkatan fasilitas pengujian produk yaitu dengan penambahan peralatan uji.


Bertempat di Balai Besar Keramik pada hari Kamis, 30 September 2021 telah dilakukan serah terima Peralatan uji untuk material Rockwool. Acara ini berlangsung secara online dan offline. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa pejabat dari BSKJI dan perwakilan dari PT. Nichias Rockwool Indonesia diantaranya Muhammad Khayam (Dirjen IKFT), Doddy Rahadi (Kepala BSKJI), Mr. Kobayashi (Presdir PT. Nichias Rockwool Indonesia), Ivan Kuntara (Managing Director PT. Nichias Rockwool Indonesia), Enuh Rosdeni (Kepala PPPPSI),  Adie Rochmanto Pandiangan (Direktur ISKPBGNL)


Pada kegiatan ini Dirjen IKFT, menyampaikan bahwa ini merupakan kerjasama dan kolaborasi yang baik antara perusahaan dan Pemerintah dalam material Rockwool, mengingat bahan baku yang digunakan hampir 100% merupakan bahan baku dalam negeri. Hal ini sejalan dengan program pemerintah yang terus menambah kadar tingkat komponen dalam negeri terutama untuk proyek proyek di dalam negeri.


Setelah selesainya Undang – Undang Cipta Kerja maka Kemenperin harus mampu meningkatkan investasi, namun di sisi lain produk hasil peningkatan juga harus bisa diserap di dalam negeri. Untuk itu kemenperin harus terus mengawal bagaimana penyerapan pasar tersebut dapat terwujud, salah satunya dengan melalui konsep TKDN.


Ivan Kuntara menyampaikan juga bahwa PT. Nichias berkomitmen untuk bersama-sama memajukan industri dalam negeri. Salah satu filosofi PT. Nichias adalah bagaimana bisa menyatu dengan kondisi lokal (Indonesia) dan turut berkontribusi dimana Nichias berada. Rangkaian mesin peralatan tes “hot insulation” sudah diterima secara resmi oleh Balai Besar Keramik. Diharapkan melalui kontribusi ini dapat turut serta mendukung kemajuan industri di Indonesia.


Ketersediaan peralatan ini menurut Enuh Rosdeni sebagai Kepala P4SI , nantinya dapat mendukung implementasi SNI 8421:2017 yaitu untuk produk bahan isolasi panas, penyerap suara dan tahan api dari mineral wool





























Share:

Twitter