BERITA INDUSTRI

Pemerintah Kembangkan Taman Nasional Komodo


Selasa, 1 Desember 2015

Sumber : Media Indonesia

Tiga Menteri Kabinet Kerja, yakni Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya Energi Rizal Ramli, Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan Menteri Perindustrian Saleh Husin mengunjungi Taman Nasional Komodo, akhir pekan lalu. Mereka dibuat terkagum-kagum melihat keindahan kawasan yang berada di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, itu.

“Kami sepakat untuk mengembangkan kawasan ini sebagai andalan wisata Indonesia,“ papar Rizal Ramli.

Taman Nasional Komodo bukan hanya memiliki komodo sebagai andalan, melainkan juga keindahan lautnya. Ada puluhan pulau di sekitar kawasan taman yang luasnya mencapai 170 ribu hektare. Alhasil, kawasan itu sangat menarik untuk snorkeling, menyelam, dan wisata alam.

Beberapa kapal jenis pinisi juga terlihat banyak yang melepas jangkar di Pulau Kalong. Karena laut yang tenang, penumpang kapal pun bisa menginap di atas perairan, dengan bersembunyi di sejumlah teluk.

Rizal Ramli menegaskan, pemerintah akan memberi perhatian khusus untuk pengembangan kawasan itu. Dalam waktu dekat, landasan bandara akan diperpanjang agar bisa didarati pesawat lebih besar. Lampu-lampu landasan akan dipasang sehingga bandara bisa didarati pada malam hari.

“Saya sudah minta Menteri Perhubungan untuk melakukan itu dan sudah mendapat jaminan pada awal tahun depan lampu sudah terpasang. Dirut Garuda Arif Wibowo juga sudah saya minta untuk menambah jalur penerbangan ke Labuan Bajo,“ kata Rizal.

Menteri Pariwisata Arif Yahya menjelaskan kawasan laut Pulau Komodo menjadi salah satu dari 10 tujuan utama wisata yang akan dikembangkan tahun depan.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Saleh Husin sebagai putra daerah NTT mengaku senang daerah kelahirannya dikembangkan. Ia berencana tahun depan menyelenggarakan Tour of Flores.

Pengusaha James Riady yang ikut dalam rombongan menilai langkah yang diambil pemerintah sudah tepat. Ia sudah bepergian ke banyak tempat dan kawasan Komodo merupakan yang terbaik. (Tom/N-3)

Share:

Twitter