BERITA INDUSTRI

Sektor Properti Dorong Investasi Industri Mineral Non Logam


Jakarta - Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan sektor properti belakangan ini terus mengerek kinerja industri pengolahan mineral non logam. Geliat sektor ini juga mendorong peningkatan investasi di produk olahan non logam seperti semen, keramik dan lain-lain.

"Industri mineral mengalami perkembangan signifikan dengan pertumbuhan investasi tahun 2009 sebesar Rp 1,53 triliun, tumbuh sebsar 3%, tahun 2010 Rp 1,58 triliun, industri mineral non-logam," kata Hidayat dalam acara pameran produk keramik, kaca, dan bahan bangunan di kantor kemenperin, Selasa (7/6/2011).

Hidayat menuturkan pemerintah berupaya mendorong percepatan investasi di sektor olahan mineral non logam. Misalnya ia mencontohkan industri semen sudah dimasukan dalam PP 62 tahun 2008 terkait pemberian insentif pajak.

"Jumlah penduduk yang besar dan prospek pembangunan properti dan konstruksi, yang diperkirakan akan berkembang tahun-tahun mendatang," katanya

Dikatakan Hidayat sektor olahan non logam memiliki bahan baku yang melimpah sehingga memiliki untuk meningkatkan daya saing. Perkembangan industri olahan ini juga bukan hanya terjadi pada sektor usaha skala besar namun skala kecil seperti industri kaca patri yang sudah menembus pasar ekspor.

"Pemerintah terus mendorong industri kreatif yang memanfaatkan bahan baku dalam negeri dan keterampilan perajin ini meningkatkan daya saing," katanya.

 

Sumber: Detikfinance.com, 7 Juni 2011

 

Share: