KEGIATAN KEMENPERIN

Semangat Murid-Murid SMP Negeri I Bungah Gresik Dalam Mengikuti Workshop Batik


Pada hari Kamis, 16 Januari 2014 pukul 08.00, Balai Besar Kerajinan dan Batik kedatangan sebanyak 230 siswa dari SMP Negeri I Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Peserta workshop didampingi langsung oleh Kepala Sekolah Bapak Muhammad Tajuddin Nur, Spd beserta beberapa guru. Workshop ini bertujuan agar para siswa mau mempelajari cara membatik yang benar dan sekaligus mencintai. Rombongan peserta diterima langsung oleh Kepala Seksi Pemasaran Bapak Aan Eddy Antana dan didampingi oleh Bapak Heribertus Sukamto dari Seksi Pemasaran. 

Sebagai upaya mempermudah pengaturan pelaksanaan workshop batik panitia workshop langsung membagi para peserta menjadi 2 kelompok besar dan masing-masing kelompok besar dibagi lagi menjadi 14 kelompok kecil yang terdiri dari 8 peserta, sehingga total keseluruhan kelompok ada 28 kelompok.

Sebelum para peserta mengerjakan proses batik, peserta diberikan pengenalan tentang profil Balai Besar Kerajinan dan Batik, kedudukan dan fungsinya bagi masyarakat, pengenalan mendasar mengenai apa itu batik dan teori singkat mengenai proses pembuatan batik. Peserta mengikuti proses pembatikan mulai dari menggambar pola, pencantingan, pewarnaan, hingga nglorod dan pengeringan dengan didampingi oleh instruktur yang telah berpengalaman dari Balai Besar Kerajinan dan Batik. Seluruh peserta wokshop batik mengikuti setiap tahapan/proses dengan penuh semangat dan antusias yang tinggi, termasuk para guru pendamping dalam mengikuti proses demi proses yang dikerjakan anak didik dengan mengambil gambar baik melalui kamera handphone maupun kamera pocket.

Adapun waktu yang dibutuhkan dalam pelaksanaan workshop batik sekitar 3,5 jam. Sedangkan cuaca sekitar BBKB Yogyakarta sedang dilanda hujan tidak mengendorkan semangat para siswa untuk menyelesaikan kegiatan workshop. Dalam akhir acara para peserta berfoto bersama sambil menunjukkan hasil karya masing-masing dan di bawa pulang sebagai cinderamata.

Share:

Berita Serupa

Kegiatan Lainnya  

Twitter

Indonesia Industrial Summit 2018