KEGIATAN KEMENPERIN

Pelatihan Kerajinan Logam Untuk Para Perajin di Wilayah Madura


Dalam rangka menumbuhkan industri kerajinan logam yang terdapat di wilayah Surabaya dan Madura, Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura (BPWJS) bekerjasama dengan Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Kementerian Perindustrian menyelenggarakan Pelatihan Kerajinan Logam yang bertujuan untuk membekali SDM dengan keterampilan teknis di bidang pembuatan kerajinan logam. 

Pelatihan ini akan dilaksanakan dalam 3 angkatan dengan jumlah seluruh peserta sebanyak 27 orang yang berasal dari seluruh kabupaten yang ada di Pulau Madura. Pelatihan angkatan pertama yang diselenggarakan tanggal 3-15 September 2013 diikuti oleh 9 peserta berasal dari Kabupaten Sampang (2 orang), Kabupaten Pamekasan (2 orang), Kabupaten Sumenep (2 orang), dan Kabupaten Bangkalan (3 orang).

Materi pelatihan meliputi pemahaman bahan baku, peralatan desain dan praktek pembuatan produk kerajinan logam, yang akan disampaikan dalam 96 jam pelajaran atau 12 hari dengan metode pembelajaran berupa teori sebanyak 25% dan praktek sebanyak 75%. Pemateri berasal dari instruktur BBKB yang sudah memiliki kualifikasi dan pengalaman dalam teknik proses pembuatan kerajinan logam. Peserta pelatihan juga akan melakukan studi banding ke sentra industri kerajinan logam yang sudah berkembang di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Share:

Berita Serupa

Kegiatan Lainnya  

Twitter

Program Restrukturisasi Mesin Peralatan IKM