KEGIATAN KEMENPERIN

Pelatihan Kerajinan Anyaman Pandan/Rotan Kerjasama Diskop UKM Perindag Kabupaten Ketapang dengan Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta


Pada hari Selasa, 25 Juni 2013 pukul 09.00 WIB di ruang Soga Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Yogyakarta dilakukan Pembukaan Pelatihan Kerajinan Anyaman Pandan/Rotan Kerjasama Dinas Koperasi, UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM Perindag) Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat dengan BBKB Yogyakarta. Pembukaan dilakukan oleh Kepala Bidang Pengembangan Jasa Teknik BBKB Yogyakarta Drs. Handoyo dengan didampingi oleh perwakilan dari Diskop UKM Perindag Kabupaten Ketapang, anggota DPRD Kabupaten Ketapang dan peserta pelatihan. Jumlah perajin yang mengikuti pelatihan ini adalah sebanyak 7 orang. Kegiatan ini merupakan program peningkatan keterampilan anyaman bagi para perajin warga pedalaman dengan kategori tingkat dasar.

Anggota DPRD Kabupaten Ketapang Ibu Maria Magdalena Lili mengatakan bahwa anggota Dewan akan terus mendorong peningkatan kemampuan dan keterampilan SDM melalui pelatihan, agar para perajin mampu meningkat kualitas produknya dan diminati oleh pasar. 

Kepala Diskop UKM Perindag Kabupaten Ketapang H. Syahrani dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Daerah juga akan terus menumbuhkembangkan potensi industri kecil yang ada agar memperoleh nilai tambah sehingga dapat mengentaskan kemiskinan. Hal tersebut akan diwujudkan dalam bentuk dukungan berupa fasilitasi pemasaran, peningkatan pemanfaatan sumber daya alam, bimbingan yang bersifat dasar industri kerajinan dan bambu dan peningkatan kualitas produk bekerjasama dengan Dekranasda.

Peserta diharapkan dapat mengoptimalkan kesempatan pelatihan ini, terutama dalam pemanfaatan 11 laboratorium yang dimiliki oleh BBKB. Para peserta pelatihan dapat melihat secara langsung dan menanyakan kepada pihak yang terkait untuk menambah pengetahuan dan pengalaman selama mengikuti pelatihan. 

Pelatihan akan berlangsung selama 5 hari (24-27 Juni 2013), dengan durasi 40 Jpl. Adapun para instruktur berasal dari BBKB dengan materi diklat 20% teori dan 80% praktik. Materi diklat yang disampaikan adalah sebagai berikut :
1. Pengetahuan bahan dan alat
2. Pengetahuan desain kerajinan
3. Pengetahuan pewarnaan (teori)
4. Pengetahuan pewarnaan (praktik)
5. Praktik pembuatan produk kerajinan pandan/rotan

Share:

Berita Serupa

Kegiatan Lainnya