KEGIATAN KEMENPERIN

Diklat Sulam Rendo Rajut Minang BDI Padang Bekerjasama dengan UPTD Kerajinan Industri Kota Bukittinggi


Sebagai bentuk komitmen dalam menumbuhkembangkan Industri Kecil Menengah, Balai Diklat Industri Regional II Padang (BDI Padang) bekerjasama dengan Dinas Perindagkop Kota Bukittinggi (melalui UPTD Kerajinan Industri Kota Bukittinggi), mengadakan Diklat Sulam Rendo Rajut Minang (Sulaman Bangku). Sulam Rendo Minang sendiri berasal dari daerah Koto Gadang Bukittinggi. 

Kekhasan sulaman ini terletak dari proses pembuatan, motif dan detail pengerjaan. Oleh karena itu, sulaman ini memiliki jual yang cukup tinggi, hingga mencapai jutaan rupiah per meternya. Hal ini menggugah minat banyak pengrajin untuk mempelajari cara pembuatan sulaman jenis ini. Namun, besarnya minat dan atensi perajin IKM tersebut belum mampu dipenuhi seluruhnya oleh BDI Padang, mengingat tahun ini hanya tersedia tempat untuk 25 orang peserta. 

Pada pelatihan kali ini, peserta berasal dari wilayah Kota Bukittinggi. Tenaga pengajarnya sendiri adalah perajin yang didatangkan dari Koto Gadang, Bukittinggi, yang telah berpengalaman dalam bidang Diklat Sulam Rendo Rajut Minang. Di masa yang akan datang, diklat ini diharapkan dapat terus dikembangkan dan dilaksanakan guna menampung minat pengrajin sekaligus melestarikan khasanah budaya bangsa kita.

Share:

Berita Serupa

Kegiatan Lainnya  

Twitter

Program Restrukturisasi Mesin Peralatan IKM