KEGIATAN KEMENPERIN

Pelatihan Kerajinan Rotan Kerjasama PKK Kecamatan Mentarang Hulu Kabupaten Malinau dengan BBKB Yogyakarta


Pada hari Senin, 17 Juni 2013 pukul 08.30 WIB di ruangan Aula Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Yogyakarta dilakukan pembukaan "Pelatihan Kerajinan Rotan" yang merupakan kerjasama PKK Kecamatan Mentarang Hulu, Kabupaten Malinau, Kalimantan Timur dengan BBKB Yogyakarta. Pembukaan dilakukan oleh Kepala Bidang Pengembangan Jasa Teknik Drs. Handoyo mewakili Kepala BBKB Yogyakarta dan dihadiri oleh Para pejabat eselon III dan IV di lingkungan BBKB, serta pendamping dari PKK Kecamatan Mentarang Hulu dan seluruh peserta pelatihan. Pelatihan diikuti sebanyak 23 perajin. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Gerakan Membangun Desa (GERDEMA) yang dicanangkan oleh Pemda Kabupaten Malinau.

Pada sambutannya Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Menterang Hulu Susilowati Matias, SE mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan kesempatan sekaligus peluang bagi para perajin yang berasal dari 8 desa di Kecamatan Mentarang, meliputi :
1. Kecamatan Mentarang Hulu 1 orang
2. Desa Long Berang 2 orang
3. Desa Long Simau 5 orang
4. Desa Long Kebitu 5 orang
5. Desa Long Mekatifp 2 orang
6. Desa Long Pala 2 orang
7. Desa Semamu 3 orang
8. Desa Long Sulit 3 orang

Melalui pelatihan ini, perajin diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan guna meningkatkan kualitas dan diversifikasi produk dari rotan. Produk yang dihasilkan dari pelatihan ini selanjutnya akan dipamerkan pada pameran yang digelar setiap dua tahun sekali di Kabupaten Malinau. 

Pelatihan akan berlangsung selama 5 hari, tanggal 17-21 Juni 2013, dengan durasi 40 Jpl. Para instruktur berasal dari BBKB dengan materi diklat berupa 20% teori dan 80% praktik, yang meliputi pengetahuan bahan dan alat, pengetahuan desain kerajinan, pengetahuan pewarnaan (teori), pengetahuan pewarnaan (praktik), dan praktik pembuatan produk kerajinan rotan.

Share:

Berita Serupa

Kegiatan Lainnya  

Twitter

Indonesia Industrial Summit 2018