KEGIATAN KEMENPERIN

Penyelenggaraan Diklat Animasi 3D Angkatan III Bagi Calon Wirausaha Baru di Bidang Industri Kreatif


Jumat, 18 Mei 2013 Drs. Paryono, MM, selaku Kepalai Balai Diklat Industri Regional VI Denpasar menutup secara resmi Diklat Pembuatan Animasi 3D Angkatan III. Diklat yang telah berlangsung selama 5 hari ini merupakan rangkaian kegiatan diklat animasi 3D pada tahun 2013 yang diprogramkan sebanyak 3 angkatan. Melalui diklat ini, diharapkan akan muncul calon-calon wirausaha baru di bidang animasi 3D.

Diklat ini merupakan tindak lanjut dari Program Reposisi BDI Denpasar sebagai Pusat Pengembangan Industri Kreatif dan Telematika sebagaimana yang dicanangkan oleh Pusdiklat Kementerian Perindustrian. Program Reposisi BDI merupakan salah satu tindakan nyata Pusdiklat Perindustrian dalam menyikapi era perubahan dan perkembangan Industri Kreatif dan Telematika yang semakin berkembang pesat.

Materi yang diberikan dalam diklat diawali dengan dasar-dasar animasi 3D, hingga menyunting gambar video dan animasi. Pada hari pertama peserta dikenalkan tentang modeling dengan polygon dan NURBS. Selanjutnya, pada hari kedua peserta diberikan materi tentang pencahayaan, material, animasi objek 3D, animasi kamera dan render animasi. Pada hari ketiga dan keempat, peserta telah menginjak ke penggunaan Adobe After Effect. Dan pada hari terakhir, peserta diberikan materi tentang penyelarasan audio dan video pada software video editing hingga converting video file untuk media DVD dan streaming online. Seluruh materi diklat diberikan oleh instruktur dari  Bamboo Media, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri digital kreatif (http://www.bamboomedia.net/).

Jumlah peserta yang mengikuti Diklat Animasi Angkatan III adalah 28 orang, yang berasal dari latar belakang berbeda-beda. Sebagian besar (80%) berasal dari kalangan mahasiwa dan SMK. Sebuah hal yang patut diapresiasi dan merupakan kredit point tersendiri, mengingat banyaknya peserta diklat dari kalangan generasi muda memberikan harapan semakin banyak bermunculan wirausahawan muda di bidang animasi.

Pelaksanaan diklat yang berlangsung di laboratorium Komputer BDI Denpasar dapat dikatakan berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini didukung dari sikap antusias para peserta dalam mengikuti setiap sesi materi yang diberikan dan peserta telah mengetahui tentang dasar-dasar aplikasi perangakat lunak yang digunakan. Autodesk MAYA, Adobe Photoshop, Adobe After effect dan Adobe Premire adalah beberapa perangkat lunak yang digunakan dalam pembuatan animasi 3D pada diklat ini. 

Sebagai tindak lanjut dari diklat pembuatan animasi 3D ini adalah pembuatan animasi karakter 3D yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus  sampai dengan September 2013 sebanyak 2 angkatan, dimana peserta diambil dari peserta diklat Pembuatan Animasi 3D Angkatan I, II dan III yang dinilai memiliki potensi untuk dikembangkan ke tahap berikutnya.

Share:

Berita Serupa

Kegiatan Lainnya  

Twitter

Indonesia Industrial Summit 2018