KEGIATAN KEMENPERIN

Pelatihan Pembuatan Barang Kulit Kerjasama BBKKP dengan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo


Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik (BBKKP) bekerjasama dengan Dinas Koperasi, UKM, Perindag dan ESDM Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pembuatan Barang Kulit pada tanggal 15 - 27 April 2013. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia bagi Industri Kecil dan Menengah pada pembuatan barang jadi kulit.

Kegiatan yang dilaksanakan di BBKKP dengan anggaran dari Dinas Koperasi, UKM, Perindag dan ESDM Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Tahun 2013 ini, diikuti oleh 10 orang peserta yang berasal dari IKM di Wilayah Kabupaten Sidoarjo. Instruktur pelatihan adalah ahli barang kulit yang dimiliki BBKKP.

Pelatihan dibuka oleh Kepala Bidang Perindustrian, Bapak Kunto Budiman mewakili Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindag dan ESDM Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, pada tanggal 15 April 2013, dihadiri oleh peserta, instruktur, pejabat struktural di lingkungan BBKKP dan perwakilan dari Dinas Koperasi, UKM, Perindag dan ESDM Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. 

Pelatihan berlangsung selama 12 hari dengan materi teori dan praktek. Teori dilaksanakan selama 1 hari mencakup pengenalan BBKKP, pengetahuan bahan, pengetahuan alat dan mesin, pengetahuan barang kulit, teknologi pembuatan dompet dan pengetahuan desain. Sedangkan kegiatan praktek dilaksanakan selama 11 hari meliputi praktek pembuatan desain, pembuatan pola, pemotongan bahan, perakitan dan penjahitan, pembuatan tas, pembuatan dompet, pembuatan gantungan kunci dan praktek finishing. Pelatihan yang dilakukan dengan praktek lebih banyak daripada teori ini bertujuan agar peserta bisa mengaplikasikan dengan cepat ilmu yang diperoleh. 

Pada hari terakhir dilakukan evaluasi penyelenggaraan yang bertujuan untuk mengetahui kekurangan yang ada guna peningkatan kualitas pelatihan di masa yang akan datang. Pelatihan ditutup secara resmi oleh Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi dan Alih Teknologi, Bapak Sri Waskito mewakili Kepala BBKKP pada tanggal 27 April 2013.

Dalam kata sambutannya Bapak Sri Waskito  berpesan kepada peserta pelatihan agar ilmu yang didapat selama kegiatan dapat ditularkan kepada pengrajin yang lain dan berharap agar kerjasama antara BBKKP dan Dinas Koperasi, UKM, Perindag dan ESDM Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam berbagai bidang, khususnya pelatihan untuk peningkatan kualitas SDM industry kecil dan menengah di Kabupaten Sidoarjo. Setelah memberikan sambutan, Bapak Sri Waskito  secara resmi menutup kegiatan Pelatihan Pembuatan Barang Kulit dan secara simbolis menyerahkan hasil praktek yang berupa tas, dompet dan gantungan kunci kepada peserta pelatihan.

Share:

Berita Serupa

Kegiatan Lainnya  

Twitter