KEGIATAN KEMENPERIN

Pelatihan Desain Pola Batik ZWA dari Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Sidoarjo di BBKB Yogyakarta


Pada hari Senin, 22 April 2013 pukul 08.30 WIB bertempat di ruangan Aula Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta dilakukan Pembukaan Pembukaan Pelatihan Desain Pola Batik Zat Warna Alam kerjasama Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Sidoarjo dengan Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Yogyakarta. 

Pembukaan pelatihan dilakukan oleh Kepala Bidang Sarana Riset dan Standardisasi (SARISTAND) Ir. Endang Pristiwati, M.Si mewakili BBKB Yogyakarta dan dihadiri oleh para pejabat eselon III dan IV di Lingkungan BBKB; Pendamping dari Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Sidoarjo, Propinsi Jawa Timur dan seluruh peserta pelatihan. Pelatihan diikuti sebanyak 12 perajin, yang merupakan tindak lanjut dari program sebelumnya dari pemerintah Kabupaten Sidoarjo, yaitu Pengembangan Kewirausahaan dan Keunggulan Kompetitif UKM.

Pada sambutannya Sekretaris Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Sidoarjo Kusnan, SE, MM mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan kesempatan sekaligus peluang bagi peserta untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan sebagai ajang mengasah keterampilan dan keahlian melalui Pelatihan Desain Pola Batik Zat Warna Alam. Disamping itu para peserta diharapkan menggunakan waktu yang sebaik-baiknya dan terus focus terhadap kegiatan pelatihan yang diikuti, sehingga ketika kembali ke daerah masing-masing mampu menerapkan ilmunya untuk pendirian maupun pengembangan usahanya. Disamping itu Kusnan juga mengatakan kegiatan ini merupakan program lanjutan yang dilaksanakan sebelumnya melalui pelatihan batik Zat Warna Alam Tahap I.

Dalam kesempatan berikutnya, BBKB Yogyakarta yang diwakili Kepala Bidang Sarana Riset dan Standardisasi Ir. Endang Pristiwati, M.Si menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Sidoarjo dalam melakukan kerjasama Pelatihan Desain Pola Batik Zat Warna Alam dengan BBKB Yogyakarta. Untuk itu BBKB juga terus berupaya menumbuhkembangkan pengrajin–pengrajin batik untuk meningkatkan inovasi dan kreatifitasnya agar mampu memanfaatkan kekayaan alam setempat guna memberi nilai tambah serta mampu meningkatkan daya saing khususnya industri batik. Untuk memberikan perlindungan kepada produsen maupun konsumen batik pada kesempatan tersebut juga ditekankan bahwa produsen batik perlu memberikan labelisasi batikmark guna meningkat kepercayaan terhadap konsumen.

Pelatihan ini akan berlangsung selama 5 hari, terhitung mulai tanggal 22 s.d. 26 April 2013 dengan materi pelatihan meliputi pengetahuan Teknik Pemolaan Batik untuk Busana dan Teknik pewarnaan Zat Warna Alam. Sedangkan keseluruhan tenaga pengajar/instruktur berasal dari BBKB Yogyakarta dan melibatkan 2 laboratorium, yaitu : Laboratorium Batik dan Laboratorium Garmen dan Perca.

Share:

Berita Serupa

Kegiatan Lainnya