KEGIATAN KEMENPERIN

Keikutsertaan Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta dalam Pameran Pasar Malam Sekaten di Yogyakarta


Gelar Pameran Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) Daerah Istimewa Yogyakarta yang mengambil tema “Harmoni Religi, Budaya dan Ekonomi untuk Jogja Istimewa” adalah kegiatan tahunan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Hal ini merupakan moment penting sejalan dengan sebutan Kota Yogyakarta sebagai kota pendidikan, budaya dan pariwisata. Pameran dibuka secara resmi pada tanggal 21 Desember 2012 oleh Gubernur D.I. Yogykarta Sri Sultan Hamengku Buwono X dan dihadiri para undangan dan pengunjung pameran. Kegiatan pameran akan berlangsung dari tanggal 21 Desember 2012 s.d. 24 Januari 2013. Keikusertaan Balai Besar Kerajinan dan Batik dalam event dapat digunakan sebagai media strategis dalam mempromosikan keberadaan balai dalam memberikan informasi kepada masyarakat terhadap hasil litbang dan jenis layanannya. 

Pameran PMPS ini diikuti sebanyak 21 instansi di lingkungan D.I. Yogyakarta dan Balai Besar Kerajinan dan Batik merupakan salah satu instansi vertikal yang diundang untuk ikut berpartipasi dalam pemeran tersebut dan menempati Anjungan Pemda D.I. Yogyakarta. 

Materi yang dipamerkan oleh Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta dalam pameran tersebut, meliputi : 1). Pengembangan Produk Tenun Lurik Finishing Motif Batik dengan Zat Warna Alam; 2). Pengembangan Motif Batik Daerah Jawa Tengah (Demak, Bojonegoro, Wonosobo dan Banjarnegara); 3). Bahan-Bahan Pewarna Alam (tingi, jambal, jalawe, tegeran, kulit kayu mahoni, dll); 4). Visualisasi/Print Banner (Sosialisasi Batik Mark Indonesia; Perekayasaan ALat (Kompor wajan listrik untuk cap batik; Kemampuan balai dan layanan jasa); 5). Penelitian Zat Warna dari Rumput Laut untuk Pewarna Batik (produk batik dari bahan rumput laut.

Dari hasil pameran ini diharapkan mampu mengoptimalkan peran BBKB dalam mengembangkan industri kerajinan dan batik yang meliputi : 1). Keberadaan Balai Besar Kerajinan dan Batik semakin dikenal masyarakat luas; 2). Industri kecil dan menengah keraijnan dan batik dapat memanfaatkan BBKB sebagai tempat berkonsultasi untuk mengembangkan produksinya; 3). Hasil Litbang dapat tersosialisasikan dan diterapkan di IKM kerajinan dan batik.

Share:

Berita Serupa

Kegiatan Lainnya  

Twitter

Program Restrukturisasi Mesin Peralatan IKM