KEGIATAN KEMENPERIN

Praktik Produktif SMK SMTI Pontianak Bekerjasama Dengan Politeknik Manufaktur Bandung


Berawal dari program yang dicanangkan Kapusdiklat Perindustrian mengenai Program Reposisi SMK dengan fokus terhadap Kompetensi Inti Daerah, SMK SMTI Pontianak melaksanakan Program Reposisi dengan konsep Regional Center. Dalam program ini dibentuk teaching factory SMK yang berlandaskan kepada dua program utama, yaitu Advance Training Workshop dan Standard Training Workshop. 

Sebagai bentuk realisasi program tersebut, pada bulan Juni 2012 SMK SMTI Pontianak mulai merintis kerjasama dengan Politeknik Manufaktur Bandung, atau sering dikenal dengan POLMAN Bandung. Hal ini didasari oleh pertimbangan bahwa fokus POLMAN Bandung adalah pada produksi pemesinan, khususnya precision tool dan moulding. 

Melalui kerjasama yang baik dengan POLMAN Bandung, SMK SMTI Pontianak mempunyai harapan dapat membangun diri dan mempersiapkan tenaga kerja unggul di wilayah Kalimantan Barat. Kerjasama yang dilakukan antara lain:

  1. Pengembangan "SMK SMTI Traktor", yaitu alat angkut perkebunan dengan digerakkan oleh mesin Single stroke Diesel (20 HP, Electric Starter), berdaya muat 400 x 1400 x 2600 cm, penggerak 4 x 4 Four wheel drive Part timer (2 High, 4 Low, 4 High), dan Triple V Belt Transmission. Alat angkut ini dirancang untuk area operasi di kebun sawit. Kerjasama yang dilakukan meliputi rekomendasi produksi, dari penyiapan bahan, alur produksi oleh siswa, hingga manajemen unit produksinya.
     
  2. Pengembangan "Water Treatment", yang memiliki kapasitas aliran sebesar 1 m3/jam, dimensi 1840 mm x 1900 x 2244 mm, menerapkan teknologi koagulasi dan filtrasi, dengan daya sebesar 400 Watt. Output yang dihasilkan adalah air bersih atau air minum yang memenuhi ketentuan SK Menteri Kesehatan No. 907/MENKES/SK/VII/2002.
     
  3. Penyempurnaan Program Keahlian Teknik Permesinan dan Pembuatan Business Plan Teaching Factory, yang meliputi pengembangan kurikulum pembelajaran, manajemen pendidikan, dan pengembangan business plan teaching factory program keahlian Teknik Permesinan.

Selain bekerjasama dengan POLMAN Bandung SMK SMTI Pontianak juga mengembangkan program unggulan lain seperti pembuatan konverter motor gas untuk pemberdayaan masyarakat nelayan yang merupakan kerjasama dengan Bank Indonesia. Konverter ini merupakan hasil pengembangan desain oleh guru dan siswa SMK SMTI Pontianak (saat ini belum dipatenkan). Produk ini telah diujicoba di Kalimantan Barat dan Gorontalo. Konverter ini juga sudah dapat diaplikasikan dalam penggunaan generator set (genset) dan mesin-mesin tepat guna lainnya.

Pada akhirnya SMK SMTI Pontianak berkeinginan dengan banyak kegiatan praktik produktif dan kerjasama dengan pihak-pihak yang kompeten SMK SMTI Pontianak dapat membangun diri dan menjadi sekolah unggulan di lingkungan Kementerian Perindustrian dan tingkat nasional maupun internasional.

Share:

Berita Serupa

Kegiatan Lainnya  

Twitter