KEGIATAN KEMENPERIN

Seminar Nasional Hasil Riset dan Standardisasi II Baristand Industri Banda Aceh


Produk unggulan merupakan suatu produk yang memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri yang tidak dimiliki daerah lain serta potensial untuk dikembangkan dengan memanfaatkan sumberdaya alam dan sumberdaya manusia setempat, sehingga tercipta keunggulan kompetitif yang siap menghadapi persaingan global. Hingga saat ini, pemanfaatan produk unggulan masih belum dikelola secara maksimal karena minimnya informasi dan publikasi hasil-hasil inovasi yang dilakukan oleh para Peneliti baik dilingkungan Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta dan Lembaga Litbang Pemerintah.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas Balai Riset dan Standardisasi Industri Aceh mempunyai tugas pokok dan fungsi untuk melaksanakan riset dan standardisasi di bidang industri, maka salah satu  kegiatan yang akan dilaksanakan adalah menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitian  terutama yang berbasis produk unggulan daerah melalui berbagai media, yang tujuan akhirnya adalah mendayagunakan hasil-hasil riset untuk diimplementasikan dan bermanfaat bagi pelaku industri, akademisi, pemerintah serta masyarakat umum serta meningkatkan kemampuan inovasi masyarakat untuk menggarap potensi produk unggulan daerah yang lebih maksimal dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam rangka penyebaran informasi hasil-hasil penelitian dan standardisasi industri,  Balai Riset dan Standardisasi Industri Banda Aceh untuk tahun anggaran 2012 kembali mengadakan kegiatan Seminar Nasional Hasil Riset dan Standardisasi Industri yang ke-2, yang kali ini mengambil tema “Inovasi Hasil Riset Berbasis Produk Unggulan Daerah Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”.

Kegiatan seminar berlangsung pada tanggal 12-13 November 2012 bertempat di Ruang Serbaguna Baristand Industri Banda Aceh yang beralamat di Jl. Cut Nyak Dhien No. 377 Lamteumen Timur – Banda Aceh. Seminar Nasional kali ini menghadirkan 2 (dua) orang Keynote Speaker yaitu:

  1. Ir. Zakiyudin, MA (Sekretaris BPKIMI Kementerian Perindustrian RI) dengan judul makalah: “Arah Kebijakan, Akselerasi Pambangunan Industri, dan Peranan BPKIMI dalam Bidang Riset dan Standardisasi”
     
  2. Dr. Ir. Emma Alemina, MP (BAPEDA Prov. Aceh) dengan judul makalah: “Pengembangan Komoditas Unggulan untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat sebagai Dasar Sistim Inovasi Daerah (SIDa)”

Seminar yang berlangsung selama 2 (dua) hari, dibuka oleh Ir. Abd. Rahman, MT selaku Kepala Baristand Industri Banda Aceh, diikuti sebanyak 50 orang peserta yang berasal dari Baristand Industri Banda Aceh, Baristand Industri Medan, Baristand Industri Banjarbaru, Baristand Industri Samarinda, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Koperasi dan UKM Prov. Aceh, Badan Investasi dan Promosi Prov. Aceh, BAPEDA Prov. Aceh, Universitas Syiah Kuala, Politeknik Aceh, Politeknik Venezuela-Indonesia dan dari kalangan pelaku usaha UKM.

Sebanyak 28 pemakalah yang berasal dari Baristand Industri Banda Aceh (3 orang), Baristand Industri Medan (2 orang), Baristand Industri Banjarbaru (1 orang), Baristand Industri Samarinda (1 orang), Jur. Teknik Kimia Unsyiah (10 orang), Jur. Tek. Hasil Pertanian-Unsyiah (8 orang) dan Jur. Teknik Pertanian-Unsyiah (3 orang) telah mempresentasikan hasil penelitiannya. Dari sesi tanya jawab terlihat adanya animo yang cukup besar dari para peserta terhadap hasil-hasil penelitian dari setiap peserta dan berharap kegiatan seminar nasional ini menjadi kegiatan rutin setiap tahun sebagai sarana menyebar luaskan hasil-hasil penelitian.

Share:

Berita Serupa

Kegiatan Lainnya  

Twitter

Program Restrukturisasi Mesin Peralatan IKM