SIARAN PERS

Menteri Perindustrian Serahkan Bantuan Kepada Masyarakat Korban Gempa Bumi Di Yogyakarta


MENTERI PERINDUSTRIAN SERAHKAN BANTUAN

KEPADA MASYARAKAT KORBAN GEMPA BUMI DI YOGYAKARTA

 

Dalam rangka membantu mengatasi bencana gempa yang terjadi di Yogyakarta dan Jawa Tengah pada tanggal 27 Mei 2006, Menteri Perindustrian, Fahmi Idris pada hari ini, Kamis 1 Juni 2006 melakukan peninjauan ke lokasi yang terkena bencana di Yogyakarta dan sekitarnya.

Peninjauan tersebut dimaksudkan untuk melihat secara langsung kondisi korban dan kerusakan pada bangunan gedung Kantor Departemen Perindustrian serta kerusakan infrastruktur lain yang mengakibatkan terhentinya kegiatan sektor industri, khususnya IKM di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Sebelum melakukan peninjauan, Menteri Perindustrian juga mengadakan pertemuan dan koordinasi dengan para Kepala Dinas Perindag/Kop Propinsi DI Yogyakarta dan Jawa Tengah, serta para Kepala Dinas Perindag/kop Kabupaten/Kota yang terkena musibah di Kepatihan Yogyakarta guna menyusun langkah-langkah penanganan dalam upaya pemulihan sektor industri.

Seusai pertemuan, Menteri Perindustrian meninjau sentra IKM di daerah Kasongan, Pundong dan Imogiri, sekaligus menyerahkan bantuan secara langsung kepada masyarakat di daerah tersebut, berupa: 1) Tenda dengan kapasitas 40-50 orang (25 unit); 2) Sarung (2000 potong); 3) Selimut (1000 potong); 4) Beras (6 ton); 5) Makanan dan minuman/mie, gula, kopi dll (senilai Rp 50 juta). Selain itu, peninjauan juga dilakukan ke Balai-Balai Industri dan Sekolah di lingkungan Departemen Perindustrian yang ada di Yogyakarta. 

Upaya lain yang dilakukan Departemen Perindustrian adalah meningkatkan kemampuan suplai barang-barang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Yogyakarta dan Jawa Tengah, utamanya dalam pemenuhan kebutuhan sandang, pangan dan bahan bangunan. Peningkatan suplai ini sangat penting mengingat akan terjadi peningkatan kebutuhan masyarakat di lokasi bencana, dan Departemen Perindustrian akan terus melakukan koordinasi secara intensif dengan instansi terkait sesuai dengan kewenangan masing-masing. Untuk selanjutnya, sesuai dengan tugas dan fungsi Departemen Perindustrian adalah memulihkan dan menguatkan sistem produksi.

Demikian siaran pers ini untuk disebarluaskan.

 

                Jakarta, 1 Juni 2006

Biro Umum dan Humas

       DEPARTEMEN PERINDUSTRIAN

Share: