KEGIATAN KEMENPERIN

Diklat Diversifikasi Pangan Olahan Berbahan Baku Lokal di BDI Regional III Jakarta


Dalam rangka meningkatkan produksi dan konsumsi yang beragam untuk menunjang Program Peningkatan Ketahanan Pangan, sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang No. 25 Tahun 2000 tentang Program Pembangunan Nasional, Balai Diklat Industri Regional III Jakarta mengadakan Diklat Diversifikasi Pangan Olahan Berbahan Baku Lokal.

Diklat ini diikuti oleh 25 peserta yang berasal dari IKM Pangan binaan Disperindag Kab. Majalengka, Kab. Cirebon, Kab. Garut, Kab. Bogor, Kab. Sukabumi, Kota Sukabumi, Kota Cirebon, Kab. Tasikmalaya, Kab. Ciamis, Kota Depok, Kota Tasikmalaya, Kota Serang, Jakarta Timur, Kab. Sumedang, Kab. Cianjur, Kab. Karawang, Kota Jakarta Utara, dan Kota Bekasi. 

Adapun tenaga pengajar/narasumber berasal dari Kementerian Perindustrian yang memiliki kompetensi di bidang pengolahan pangan, serta PT. Bogasari. Materi yang disampaikan antara lain:

  1. Pengenalan Pangan Berbahan Baku Lokal 
  2. Pengenalan Teknologi Pangan
  3. Bahan Tambahan Pangan (BTP)
  4. Good Manufacturing Practice (GMP)
  5. Praktik Pengolahan Pangan
  6. Pemilihan Bahan dan Teknologi Kemasan
  7. Perencanaan dan Cara Mendesain Kemasan

Pada kesempatan praktikum, para peserta dilatih untuk membuat beberapa jenis makanan berbahan baku alternatif, seperti kue Brownies yang bahan dasarnya dari singkong, mie yang bahan dasarnya dari buah bit dan sawi, serta roti yang bahan dasarnya dari ubi ungu. Hal ini diharapkan dapat memicu peserta untuk menambah pengetahuan dan ide untuk berkreasi dari bahan-bahan lainnya.

Setelah mengikuti diklat, para peserta diharapkan dapat menerapkan ilmu yang diperolehnya untuk memperbaiki proses produksi, serta mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan bahan baku lokal yang ada di daerahnya, yang berarti juga mendukung program pemerintah untuk menciptakan diversifikasi produk pangan demi tercapainya ketahanan pangan.  Diklat ini secara tidak langsung juga merupakan ajang untuk memperluas jaringan usaha dari para peserta yaitu dengan menjalin silaturahmi diantara para peserta pelatihan.

Share:

Berita Serupa

Kegiatan Lainnya  

Twitter