KEGIATAN KEMENPERIN

Dukungan SKPD Pemerintah Kota Padang Pada Pembangunan SMK-SMTI Padang


Dalam rangka pembangunan dan pengembangan SMK SMTI Padang di lokasi yang baru, Bappeda Kota Padang menyelenggarakan Rapat Pembahasan Izin Prinsip yang dihadiri oleh perwakilan SKPD Kota Padang, antara lain dari Dinas Tata Ruang dan Tata Kota, Bapedalda, Bagian Pembangunan, Dinas Pekerjaan Umum, Bagian Pemukiman, Dinas Pendidikan, serta Dinas Pertanian Kota Padang. Seluruh SKPD Pemerintah Kota Padang yang hadir dalam rapat tersebut menyatakan sangat mendukung dan memberikan rekomendasi pembangunan SMK-SMTI Padang.

Kepala SMK-SMTI Padang, Drs. Anurgaha, menyampaikan bahwa Pengadaan Tanah merupakan salah satu kegiatan penting yang terdapat pada Roadmap Pengembangan SMK-SMTI Padang dalam rangka Reposisi Unit Pendidikan di Lingkungan Kementerian Perindustrian. Perlu diketahui bersama bahwa SMK-SMTI Padang saat ini hanya menempati lahan seluas 3.608 m2, sehingga sulit dilakukan pengembangan. 

Dalam tanggapannya, Dinas Pendidikan Kota Padang menyambut baik adanya rencana pengembangan SMK-SMTI Padang di lokasi yang baru. Hal tersebut sejalan dengan program kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang sedang fokus pada pembangunan SMK. Dengan demikian, Kementerian Perindustrian akan ikut berperan serta dalam pembangunan SMK dengan keahlian Kimia Industri sehingga dapat menjadi kembanggaan Kota Padang khususnya, dan Sumatera Barat pada umumnya. Dinas Pendidikan menyarankan agar di lokasi yang baru nanti, SMK SMTI Padang juga dilengkapi dengan Asrama Siswa, karena ke depannya, siswa SMK Bertaraf Internasional akan tinggal di asrama sekolah.

Dinas Tata Ruang dan Tata Kota menyatakan bahwa lokasi yang baru nanti cocok untuk pendidikan, karena berada pada zona hijau bahaya tsunami. Pendapat tersebut didukung oleh Bagian Pemukiman Kota Padang yang menyatakan bahwa rencana lokasi yang baru nanti sudah sesuai dengan RTRW Kota Padang, dan pembangunan gedungnya tidak direkomendasikan memiliki shelter karena sudah berada di zona aman tsunami.

Senada dengan pendapat sebelumnya, Bappedalda dan Dinas Pekerjaan Umum juga  sangat mendukung dan memberikan rekomendasi pembangunan SMK-SMTI Padang di lokasi baru tersebut, namun harus tetap memperhatikan drainase dan AMDAL. Keduanya menyatakan kesediannya untuk membantu dan memberikan konsultansi dalam proses pembangunan SMK SMTI Padang.

Menutup rapat tersebut, Bappeda Kota Padang menyimpulkan bahwa semua SKPD yang hadir sepakat untuk memberikan rekomendasi, sehingga Izin Prinsip Lokasi pembangunan SMK-SMTI Padang diharapkan dapat segera direalisasikan oleh Walikota Padang dalam waktu yang tidak begitu lama.

Sumber: Website SMK SMTI Padang

Share:

Berita Serupa

Kegiatan Lainnya  

Twitter