PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (LITBANG)

Diseminasi Litbangyasa Balai Besar Logam dan Mesin Tahun 2017


Kamis, 9/11/17. Dalam rangka diseminasi hasil penelitian pengembangan dan perekayasaan, Balai Besar Logam dan Mesin menyelenggarakan seminar dengan tema, “Peran Litbangyasa Produk Alat Mesin Pertanian, Hankam dan Kesehatan Menuju Industri Mandiri”. Seminar ini berlangsung di Marbella Suites Dago Bandung.
Acara ini dibuka oleh Kepala BBLM, Ir. Enuh Rosdeni, M.Eng.  Seminar ini dihadiri segenap pejabat Eselon III, Eselon IV, peneliti dari BBLM serta para tamu undangan. Undangan berasal dari stakeholder Kementerian Perindustrian, akademisi serta kalangan industri. Diantara peserta yang hadir berasal dari Pus;itbangtiki Kemenperin, Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T), Balai Besar Tekstil (BBT), Balai Besar Pulp dan Kertas (BBPK), Dinas Kesehatan Kota Bandung, Dinas Kesehatan Kota Bandung Barat, LIPI, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bandung, Universitas Jenderal Ahmad Yani, Politeknik Manufaktur Bandung, Dinas Pertanian Kabupaten Kulonprogo, dan lainnya.

Paparan pertama disampaikan oleh Dr. Sri Bimo Pratomo (BBLM) mengenai Kerjasama Litbang Core Sampler dan Magnet Permanen Logam Tanah Jarang untuk Subtitusi Impor. Kemudian presentasi tentang Litbang Tapak Rantai Tank untuk Kemandirian Hankamnas (Husen Taufik, BBLM), dilanjutkan dengan Perekayasaan Alat dan Mesin Pertanian untuk Kemandirian Pangan Corn Combine Harvester (Sony Harbintoro, BBLM) dan Mesin Pengering Jagung Pipilan Tipe Rotary Batch Berbahan Bakar Biomassa (Haruman, BBLM). Selain paparan dari BBLM, terdapat juga materi dari Nandjar Nugraha (Entrepeneur sharing) berjudul Dari Inkubator Membangun Bisnis, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang disambut antusiasme peserta.

Dengan adanya acara ini diharapkan masyarakat mengetahui mengenai hasil penelitian dan perekayasaan yang telah dilakukan Balai Besar Logam dan Mesin sehingga kedepannya bisa dilakukan penelitian dan perekayasaan lebih lanjut bahkan sampai diterapkan di industri.










Share:

Twitter