ARTIKEL PENDIDIKAN

Sertifikasi Tenaga Kerja Bidang Sulam Kepala Peniti Dalam Rangka Menyongsong Pasar Global


Rabu, 01/03/2017, Sebanyak 69 orang peserta asal Kab. Agam melaksanakan uji kompetensi bidang sulam kepala peniti di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP P1) Balai Diklat Industri Padang. Seluruh peserta uji Kompetensi tersebut merupakan peserta Diklat 3 in 1 Pembuatan Hiasan Busana Dengan Alat Jahit Tangan Sulaman Kepala Peniti Akt. 2 yang diadakan oleh BDI Padang dari tanggal 9 Februari s.d 1 Maret 2017.

Pelaksanaan uji kompetensi dilaksanakan di TUK Sewaktu BDI Padang dan dibuka secara resmi oleh Manajer Sertifikasi LSP P1 BDI Padang, Bapak Hermawan Setyadhi dan disaksikan langsung oleh Kepala LSP P1 BDI Padang, Bapak Yafid Hafizh. Bertindak sebagai asesor uji kompetensi adalah asesor yang telah berlisensi BNSP, yaitu: Ibu Yenni Idrus, Ibu Marlis Bakar,Bapak Yafid Hafizh, Ibu Dwi Oktarina, Ibu Nora Almi, Ibu Reka Febriani dan Bapak Rafki Rahmat.

“Bayangkan seandainya para tenaga kerja asing berbondong melamar kerja di negara kita yang tercinta ini hingga kesektor-sektor padat karya seperti pembuatan produk kerajinan ini. Sedangkan kita tidak mempunyai nilai lebih dibanding mereka yang mau bekerja dengan dibayar murah. Apa sikap kita?”, papar Hermawan Setyadhi.

Lebih lanjut Hermawan menyatakan, “Sertifikasi kompetensi adalah salah satu langkah strategis yang diambil pemerintah untuk melindungi tenaga kerja lokal dari persaingan dengan tenaga kerja asing. Hal ini sejalan dengan komitmen BDI Padang dalam menyiapkan tenaga kerja yang terstandar agar dapat bersaing di pasar global”.

Pada uji kompetensi ini diujikan kepada peserta diantaranya: Melaksanakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Menggambar ragam hias bordir di atas bahan tekstil, Membuat hiasan pada produk dengan alat jahit tangan, dan melakukan penyelesaian akhir (finishing produk bordir).










Share:

Twitter