KEGIATAN KEMENPERIN

Peresmian Production Unit Jakarta (PUJ) Pertamina Lubricants


 


Menteri Perindustrian Saleh Husin hadir dalam peresmian proyek dan peluncuran produk dari Pertamina Lubricants, salah satu anak perusahaan PT Pertamina (Persero), pada Jumat, 11 Desember 2015 di Jakarta Utara.  Pertamina Lubricants mengoperasikan PUJ sebagai pabrik pelumas terintegrasi terbesar di Indonesia. Total nilai proyek mencapai Rp 948 miliar dan berkapasitas total 270 juta liter per tahun atau setara dengan penggantian pelumas untuk lebih dari 67,5 juta mobil.


Di samping itu, Pertamina juga meresmikan terminal Automation System Bunker di Dermaga Pertamina Tanjung Priok, New Gantry System TBBM Kertapati di Palembang, dan Pelayanan BBM ke SPBU dengan Auto Truck Scheduling dari Terminal BBM Plumpang. Dalam kegiatan tersebut, juga diluncurkan produk terbaru pelumas Meditran SX Bio khusus untuk mesin diesel berbahan bakar biofuel. Varian ini digunakan kendaraan penumpang dan perseroan bakal memproduksi pelumas sejenis untuk bus, truk dan mesin-mesin industri. Selain itu, digelar pula peluncuran atau launching tiga  kapal Medium Range 40 ribu  DWT dan pembangunan 8 kapal General Purpose 17.500 DWTdi galangan dalam negeri.


Terkait dengan pengembangan industri pelumas dalam negeri, Kemenperin akan segera melakukan koordinasi dengan Kementerian ESDM untuk mempercepat penerapan ini. Masyarakat harus mendapat proteksi dari risiko menggunakan pelumas yang tidak layak karena kendaraan tidak hanya sebagai aset pribadi, melainkan juga sebagai alat transportasi dan produksi.



Share:

Kegiatan Lainnya  

Twitter

Penghargaan Industri Hijau Program Restrukturisasi Mesin Peralatan IKM