KEGIATAN KEMENPERIN

Pembukaan Pameran Perfect Home 2015


 


Menteri Perindustrian Saleh Husin membuka Pameran Perfect Home 2015 di Jakarta, Rabu 18 November 2015. Pameran furnitur internasional ini pernah dilaksanakan di beberapa negara Eropa, Amerika dan China, sedangkan di dalam negeri salah satunya adalah pameran Perfect Home 2015.


Menperin optimistis industri berbasis agro ini dapat terus memberikan kontribusi yang besar terhadap perolehan devisa negara dan penyerapan tenaga kerja. Disamping itu, image furnitur sebagai green product juga dapat dipopulerkan melalui berbagai kegiatan seperti pameran.


Menperin mengingatkan, tantangan yang harus dicermati dalam waktu dekat adalah penerapan Asean Economic Community (AEC) pada tahun 2015. AEC ini diharapkan dapat menjadi komunitas kerjasama antar negara-negara ASEAN. Namun, AEC juga dapat menjadi peluang atau ancaman bagi industri dalam negeri khususnya industri furnitur dan kerajinan.


Di samping itu, Kementerian Perindustrian melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi penerapan AEC pada tahun 2015, baik melalui penyusunan dan implementasi SNI terhadap komoditi furnitur dan kerajinan; penerapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sebagai rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan/atau keahlian; maupun kegiatan pelatihan-pelatihan dalam rangka mengembangkan kemampuan SDM para pengrajin furnitur dan kerajinan.


Pada kesempatan tersebut, Menperin berharap agar pelaksanaan pameran Perfect Home 2015 dapat mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas produsen furnitur dan kerajinan nasional sehingga menghasilkan produk unggulan yang memiliki nilai tambah dan menjadi market leader di pasar global. Menperin juga menghimbau agar masyarakat luas semakin meningkatkan penggunaan produk furnitur dan kerajinan produksi dalam negeri.



Share:

Berita Serupa

Kegiatan Lainnya  

Twitter

Penghargaan Industri Hijau Program Restrukturisasi Mesin Peralatan IKM