KEGIATAN KEMENPERIN

Sosialisasi Implementasi Masyarakat Ekonomi ASEAN (part5)


Strategi Thailand dan Singapura


Pemerintah Thailand dalam menghadapi MEAtelah membentuk mekanisme nasional sebagai berikut : a) Komite nasional ASEAN dipimpin oleh Menteri Luar Negeri, yang anggotanya  terdiri dari seluruh kementerian dan lembaga pemerintah serta sektor swasta seperti KADIN.Komite ini berfungsi sebagai mekanisme untuk merumuskan dan mengkoordinir kebijakan, saling tukar pandang dan informasi diantara seluruh anggota Komite Nasional ASEAN. b) Komite Komunitas Ekonomi ASEAN, diketuai oleh Permanent Secretary, Kementerian Perdagangan, c) Komite Komunitas Sosial-Budaya ASEAN, diketuai oleh Minister of Social Development and Human Security.


Pemerintah Thailand juga melakukan berbagai strategi dalam meningkatkan ekspor barang dan jasa serta investasi yaitu melalui R &D, inovasi, kreatifitas, mengembangkan produk-produk yang ramah lingkungan, mendukung UKM menjadi pengusaha internasional, peningkatan standar produk, mengembangkan citra produk dan jasa, memanfaatkan teknologi  baru dan digital untuk mencapai konsumen modern, mendorong pengembangan cluster-cluster industri, dan  pengembangan SDM untuk promosi dagang.


Informasi mengenai ASEAN diajarkan pada sekolah-sekolah di Thailand. Hampir setiap sekolah dan perguruan tinggi Thailand memiliki ASEAN Corner, informasi umum tentang ASEAN, dan informasi tentang budaya ASEAN dan bendera negara-negara ASEAN.Berbagai kegiatan untuk mempromosikan ASEAN juga dilakukan di setiap sekolah dan perguruan tinggi.Buku-buku tentang ASEAN juga diterbitkan dalam Bahasa Thailand.


Tiga Program pemerintah Thailand untuk membantu SME menghadapi MEA/AEC:a) AEC Connect, memastikan semua anggota telah memahami peluang dan tantangan yang dihadapi dalam AEC, b) AEC Readymenghimpun SME dalam kluster tertentu dan membangun jejaring bersama, mencari solusi atas tantangan yang dihadapi, menyusun rencana pengembangan bersama, dan  c) AEC Law  membantu SME untuk memahami berbagai peraturan yang berlaku di negara-negara ASEAN yang dapat mempengaruhi sektor SME.


Pemerintah Thailand juga telah menyiapkan beberapa produk yang menjadi andalan Thailand dalam menghadapi MEA yaitu industri makanan, otomotif dan Industri elektronika. Thailand membangun infrastruktur dan sarana transportasi  dengan ambisi menjadi hub perdagangan di negara-negara ASEAN daratan dan ASEAN dengan Tiongkok serta Membangun enam Special Economic Zone  di wilayah perbatasan dengan negara-negara tetangga.


Sementara itu, pemerintah Singapura menyadari bahwa kemakmuran Singapura tergantung pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan penduduk negara tetangganya di ASEAN, karena keterbatasan sumber alam, energi, dan lahan di Singapura, angkatan kerja yang semakin sedikit, kesulitan pengusaha untuk mendapat tenaga kerja. Sehubungan dengan hal tersebut, pemerintah Singapura sangat mendorong sektor swasta Singapura untuk berekspansi terutama ke Indonesia melalui:  a) Pengiriman berbagai misi bisnis ke Indonesia: IE, SBF, SMF, SCCCI, SMCCI, dll.  b) Penyelenggaraan berbagai forum bisnis dan seminar tentang “Doing Business in Indonesia” di berbagai sektor dan daerah c) Pemberian government grant bagi pengusaha Singapura yang akan berekspansi ke Indonesia.


Peluang Kerja Sama Ekonomi Indonesia – Singapura dalam MEA adalah dibidang investasi, perdagangan, pariwisata, dan perbankan. Selain itu, untuk meningkatkan hub RI – Singapura a) Indonesia harus dapat memanfaatkan posisi strategis Singapura sebagai trading hub, financial center, dan global gateway di Asia untuk mendorong pembangunan ekonomi Indonesia; b) Indonesia harus bisa lebih maju dari Singapura yang memiliki keterbatasan wilayah, jumlah penduduk, dan zero natural .



Share:

Berita Serupa

Kegiatan Lainnya  

Twitter

Penghargaan Industri Hijau Program Restrukturisasi Mesin Peralatan IKM