KEGIATAN KEMENPERIN

Menperin Resmikan Konvensi Nasional GKM-IKM Tahun 2015 di Padang


Menperin meresmikan pembukaan Konvensi Nasional Gugus Kendali Mutu-Industri Kecil dan Menengah (GKM-IKM) Tahun 2015 di Padang, Sumatera Barat, Selasa malam (10/11).

 

Dengan memukul gong, Menperin disaksikan Pejabat (Pj) Gubernur Sumatera Barat Reydonnyzar Moenek, Dirjen IKM Euis Saedah, Kadisperindag Provinsi Sumatera Barat H. Mudrika, dan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat H. Marlis.

 

Dalam sambutannya, Menperin menegaskan, pelaku industri kecil dan menengah (IKM) perlu menerapkan program Gugus Kendali Mutu (GKM) dalam upaya menghadapi pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada akhir tahun 2015.

 

Program yang mengaplikasikan pola manajemen modern tersebut akan membekali pelaku IKM melakukan pengembangan dan pemanfaatan kreativitas dan inovasi sehingga mampu mendongkrak daya saing produknya untuk pasar ekspor.

 

Menperin juga menyampaikan, konvensi GKM-IKM merupakan momentum yang sangat penting bagi para pembina, fasilitator GKM dan para pengusaha IKM serta anggota GKM-IKM di Indonesia guna memperkokoh komitmen dan konsistesi bahwa mutu merupakan modal dasar untuk mampu berdaya saing dalam pasar bebas sekarang ini.

 

”Oleh karena itu, saya menghimbau kepada para pembina IKM di daerah agar dapat mengembangkan program yang terkait dengan peningkatan mutu,” tegas Menperin. Sementara itu, bagi fasilitator GKM agar dapat sungguh-sungguh mengembangkan kompetensinya guna membekali IKM lebih profesional.

 

”Bagi pelaku IKM sendiri agar terus menerapkan GKM menuju mutu kinerja yang lebih profesional, mampu melakukan improvisasi, kreasi dan inovasi dalam rangka perbaikan mutu  kinerja perusahaannya  ke tingkat yang lebih efisien, produktif dan efektif,” tambahnya.

 

Pada kesempatan tersebut, Menperin menyempatkan untuk memperhatikan berbagai produk=produk unggulan IKM pada Pameran Visualisasi Temuan Inovasi Gugus Kendali Mutu. Produk tersebut diantaranya minuman olahan dari sari buah markisa merek "Karaeng" produksi IKM asal Sulawesi Selatan, kerajinan sulaman benang emas produksi IKM Kota Pariaman, dan meninjau stan waralaba "Tom Burger" asal Sumatera Barat. Selain itu, Menperin juga menyerahkan bantuan peralatan IKM secara simbolis kepada Pejabat (Pj) Gubernur Sumatera Barat Reydonnyzar Moenek.

 

Share:

Kegiatan Lainnya  

Twitter