KEGIATAN KEMENPERIN

Kemenperin Gelar Swarna Fest 2015 “Road To Indonesia Ethical Fashion”


Kementerian Perindustrian kembali menggelar Swarna Fest 2015, di Pantai Nembrala, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (06/11/2015). Swarna Fest 2015 merupakan salah satu upaya Kementerian Perindustrian untuk mengajak masyarakat ikut berpartisipasi dalam menggali dan melestarikan budaya nenek moyang Indonesia dalam pewarnaan tekstil dengan pewarna alam serta penggunaan serat alam.


Mengusung tema Road To Indonesia Ethical Fashion, Kegiatan ini melibatkan lebih dari 500 orang yang berasal dari perajin tenun yang menggunakan serat dan warna alam serta IKM-IKM produk unggulan dari Kabupaten Rote Ndao.


Kegiatan ini juga melibatkan pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, pemerintah Kabupaten Rote Ndao, sekolah-sekolah di wilayah Kabupaten Rote Ndao, dan beberapa perusahaan swasta.


Total peserta yang tersedia pada acara tersebut sebanyak 30 stan, terdiri dari 6 stan untuk IKM binaan stakeholder, seperti Warlami, CTI, Dekranas, dan lain-lain. Serta 24 stan untuk IKM-IKM lokal dari Kabupaten Rote Ndao dan sekitarnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur.


Selain pameran, diselenggarakan pula serangkaian acara hiburan bagi pengunjung dan peserta dengan konsep edukatif dan kreatif melaluidemo/workshop produk, fashion show, festival musik, dan panggung hiburan.


Pada kesempatan tersebut juga diserahkan secara simbolis bantuan peralatan, diantaranya Peralatan tenun Gedogan sebanyak 250 buah, Peralatan Kerajinan Kerang, Prototype (dapur contoh) Dapur Sehat untuk Gula Semut bantuan CSR dari Arwana Citra Mulia.


Saat pembukaan Swarna Fest 2015, Menteri Perindustrian Saleh Husin didampingi istri tampil serasi dengan pakaian kombinasi tenun berwarna cokelat kehijauan. Saleh disambut dengan tarian tradisional lalu diberi penutup kepala khas Rote yang terbuat dari anyaman daun lontar. Tidak ketinggalan, kain tenun disematkan di pundak Saleh. Turut hadir dalam pembukaan Swarna Fest 2015, Dirjen Industri Kecil Menengah Euis Saedah.Swarna Fest 2015 dilaksanakan selama 2 hari, tanggal 6 7 November 2015.


Menperin yang didampingi Sekretaris Direktorat Jenderal IKM Busharmaidi juga sempat mengamati tenunan dan menyimak penjelasan Dirjen IKM Euis Saedah tentang proses pewarnaan alami tenun di Kabupaten Rote Ndao usai pembukaan Swarna Fest 2015.


Saat itu juga Menperin dan Bupati Rote Ndao Leonard Haning menyaksikan penyerahan rekor MURI proses penenunan ATBM serentak dalam satu waktu kepada Dirjen IKM Euis Saedah dalam rangkaian kegiatan Swarna Fest 2015.



Share:

Kegiatan Lainnya  

Twitter

Penghargaan Industri Hijau Program Restrukturisasi Mesin Peralatan IKM