BERITA INDUSTRI

MNC Ngebet Bangun Disneyland Di Bogor


Sumber : Rakyat Merdeka

PT MNC Land Tbk (KPIG) akan mengembangkan Kawasan wisata di daerah Lido di Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Selain kawasan wisata, kawasan terpadu Lido akan menjadi kawasan Bisnis Centex," kata Chief Executive Officer (CEO) MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) dalam acara Ground Breaking Proyek Tol Bogor-Ciawi-Suka-bumi (Bocimi), di Pintu To1 Keluar Ciawi kemarin.

Hary menjelaskan, lahan yang akan dikembangkan untuk kawasan tersebut sangat luas, sekitar 2 ribu hektar. Proyek ini diproyeksikan akari menyentuh sejumlah wila-yah mulai dari kota Bogor, Kabupaten Bogor, hingga Kola dan Kabupaten Sukabumi. Diharapkan, dengan adanya kawasan ini akan mendorong turis asing untuk berwisata ke Jawa Barat.

"Jadi kami akan bangun seperti di Orlando, ada Disneyland, tetapi sedikit berbeda dari yang lain. Bukan kawasan seperti perumahan super Blok City seperti sistem kota yang dibangun pengembang lain," jelasnya.

Hary menjelaskan, pihaknya tertarik mengembangkan proyek tersebut di Jawa barat karena wilayahnya stategis dan udaranya bagus. "Lokasi tidak jauh dari Jakarta. Paling tidak satu hingga dua jam perjalanan darat sudah sampai. Dan udaranya dingin," jelasnya.

Sekadar informasi, Jalan tol Bocimi yang dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Jabar. Investor utama proyek ini MNC Group. Pembangunan terdiri dari 4 seksi. Seksi I, Jalan Tol Bocimi ruas Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer (Km) yang ditargetkan selesai 2017. Seksi pertama adalah ruas Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km. Seksi II dengan ruas Cigombong-Cibadak dengan panjang 11,9 km. Seksi III ruas Cibadak-Sukabumi Barat dengan panjang 13,7 km. Dan seksi IV dengan ruas Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,03 km.

Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin menilai, tol Bocini akan memberikan pengaruh besar terhadap pembangunan perekonomian masyarakat sekitar.

"Selama ini salah satu hambatan biaya logistiknya sangat mahal karena lamanya perjalanan dari pabrik di Sukabumi menuju Jakarta. Jadi dengan tol ini berfungsi maka biaya logistik tadi bisa ditekan turun drastis," kata Saleh.

Dia menyebutkan, di Sukabumi terdapat sejumlah industri seperti di manufaktur, makanan dan minuman hingga pariwisata yang tengah berkembang. Mereka perlu dukungan penyediaan infrastruktur agar pertumbuhan bisa lebih cepat dan memberi manfaat yang lebih luas.

"Sukabumi dan Kabupaten Bogor itu kan sangat banyak potensi pengembangan industrinya. Sehingga, dengan terbangunnya jalan tol ini, maka kawasan industri di sekitar jalan tol ini akan sangat terbantu untuk menjadi kawasan industri yang diminati," pungkas Saleh. • MEN

Share:

Twitter

Penghargaan Industri Hijau Program Restrukturisasi Mesin Peralatan IKM